Cara Mengobati Ketombe Dengan Sampo yang Tepat

Bookmark and Share

Cara Mengobati Ketombe


Siapa yang belum pernah mengalami rambut ketombean? saya kira hampir semua dari kita pernah mengalami rambut berketombe, selain bikin malu, ketombe juga merusak penampilan dan menghilangkan rasa percaya diri, terutama ketika kita sedang tampil di depan umum. Secara medis penyakit dengan nama ilmiah Pityriasis capitis ini diakibatkan rusaknya sel-sel kulit kepala yang telah mati. Nah, pengelupasan dari sel kepala tersebut yang kemudian menyebabkan ketombe. pada dasarnya ketombe hanya sel kulit kepala yang mengelupas. Masalahnya, ada beberapa orang yang mengalami pengelupasan kepala secara terus menerus, bahkan dalam jumlah besar. Akibatnya, kulit kepala mengalami iritasi disertai warna kemerah-merahan.

Meski demikian, ketombe juga dapat diakibatkan oleh infeksi jamur atau kutu rambut, oleh karena itu jika anda tengah mengalami gata-gatal pada rambut, sebaiknya anda tidak menggaruk kepala secara berlebihan. Pasalnya, garukan tersebut berpotensi merusak kulit kepala. Celakanya lagi, hal tersebut dapat menyebabkan resiko infeksi. Pada beberapa kasus ketombe dapat diobati hanya dengan menggunakan sampo, namun untuk ketombe akut terkadang sampo saja tidak cukup.

Penyebab Ketombe Pada Kulit Kepala

Pertumbuhan kulit rambut perlahan-lahan membuat sel epidernal terdorong keluar, pada akhirnya mereka mati dan terkelupas dari kepala. Sangking kecilnya, proses pengelupasan tersebut tidak bisa dilihat dengan mata telanjang sehingga acap kali luput dari perhatian kita. Dampak dari pengelupasan tersebut yakni membuat pergantian sel menjadi terlalu cepat. Umumnya, pada orang berketombe, pergantian sel tersebut terjadi setiap dua pekan. Namun, untuk orang tanpa ketombe siklus ini berlangsung satu bulan sekali. Akibatnya, sel-sel kulit mati yang terkelupas akan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang kemudian terlihat oleh kita seperti serpihan-serpihan kecil berwarna putih, atau yang biasa kita sebut ketombe.


Cara Mengobati Ketombe

Meski pengelupasan yang terjadi pada kulit kepala bersifa alami dan tak dapat dihindar. Namun, pengelupasan tersebut dapat kita kurangi, terutama bagi orang yang tidak memiliki riwayat ketombe, sebenarnya dengan perawatan rambut yang tepat kehadiran ketombe pada kulit kepala dapat diminimalisir. Kendati demikian, beberapa orang memiliki pandangan yang keliru tentang cara menghilangkan ketombe pada rambut, terbukti dengan adanya pandangan sebagian orang yang enggan membasuh rambut mereka yang tengah dilanda ketombe. Terlebih, mereka menduga bahwa zat-zat pada sampo dapat menyebakan kulit kepala menjadi kering dan menyuburkan pergerakan ketombe. 

Secara medis, mencuci rambut secara teratur akan mengeluarkan kulit-kulit mati sebelum terkumpul dan terlihat. Oleh sebab itu, pemilihan sampo yang tepat sangat penting, sebab secara fungsional sampo akan mengembalikan tingkat keasaman kulit kepala yang baik, memecah minyak, dan mencegah sel-sel kulit mati bertumpuk menjadi serpihan putih yang tidak nyaman dipandang. Namun, perlu diketahui, sampo yang tidak didesain untuk pengobatan, ataupun sampo yang memiliki fungsi lain selain untuk mengobati ketombe maka tidak akan mempan untuk mengobati kulit kepala dari hantaman ketombe yang membandel. Jadi, jika anda ingin menghilangkan ketombe pada kulit kepala gunakanlah sampo yang tepat.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami


Meski secara medis ketombe dapat dihilangkan dengan menggunakan sampo, bukan berarti tidak ada cara lain untuk melenyapkan ketombe. Sebagai alternatif anda dapat menggunakan obat-obatan herbal guna memusnahkan ketombe dari kulit kepala anda. Salah satunya, dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar anda. Adapun Tumbuh-tumbuhan yang sudah terbukti sepak terjangnya dalam menghilangkan ketombe adalah lidah buaya, jeruk nipis, daun kangkung, jus apel, Nanas, dll. Untuk metode pengobatan dengan tumbuh-tumbuhan tersebut saya akan mengulas di artikel selanjutnya. Semoga artikel ini dapat memberikan penyegaran dan pencerahan bagi anda yang tengah dilanda ketombe.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar